Strategi Memburu Peluang Kerja dan Karir

Jika anda pernah mencoba melakukan pencarian kerja di internet, dan ternyata itu berhasil. Hebat! Dan selamat untuk anda!

Tetapi jika anda telah mencobanya berkali-kali, namun tidak satupun pancingan anda membuahkan hasil, kejadian ini tidaklah aneh.

Apalagi ketika ada dari mereka yang menyatakan bahwa pencarian kerja di internet itu pahit dan tidak mudah! Ini juga ada benarnya!

Mendapatkan pekerjaan melalui lowongan yang tersedia di internet itu sama halnya dengan memanfaatkan lowongan yang ada di dunia biasa, misalnya melalui koran, informasi mulut ke mulut, dll. Mendapatkan pekerjaan itu juga bisa dibilang susah sebelum adanya internet, begitu juga dengan menggunakan internet. Terutama bagi mereka yang tidak menggunakan strategi yang matang!

Jika anda memiliki pengalaman pahit untuk hal ini, anda tidak sendiri! Berikut ini beberapa kekecewaan dan keluhan dalam pencarian di internet ini.


* Saya pesimis bisa mendapatkan pekerjaan melalui lowongan online. Karena banyak orang pintar yang udah memanfaatkannya.
* Banyak menghabiskan waktu saya, tidak satupun yang berhasil!
* Saya tidak pernah mendapatkan jawaban dari lamaran yang saya kirimkan.
* Saya tidak pernah mendapatkan respon secara online. Menurut pendapat saya, jika anda tidak bekerja di lingkungan komputer, lupakan untuk melakukan pencarian kerja secara online.
* Saya berfikir bahwa pengguna internet itu sangat terbatas, termasuk perusahaan yang menggunakannya. Saya pikir, meskipun hanya untuk pekerja kelas dasar, katakanlah untuk operator entri data saja, yang mereka butuhkan adalah orang hebat, dengan pengalaman bertahun-tahun.
Bagaimana? Itulah pendapat sebagian dari para pencari kerja yang tidak terlalu yakin akan penggunaan internet dalam memanfaatkan lowongan kerja yang tersedia.

Seperti diungkapkan oleh Margaret Riley dalam salah satu tulisannya mengatakan bahwa internet merupakan dimensi baru dalam proses perekrutan tenaga kerja bagi perusahaan, terutama bila dilihat dari perekrutan yang dilakukan secara tradisional. Mereka memanfaatkannya karena akan mempermudah kedua belah pihak, baik sebagai perekrut maupun sebagai yang direkrut.

Jika anda memanfaatkan teknologi ini, yang perlu diingat bahwa waktu yang dibutuhkan dalam proses pencarian kerja yang baru maksimal mungkin hanya memakan 15% dari keseluruhan proses. Yang penting sebenarnya bukanlah internetnya saja, namun faktor pendukung lainnya pun harus diperhatikan. Yaitu strategi.

Mari kita lihat bersama, internet merupakan pintu untuk melihat peluang. Jika pintu itu terbuka untuk anda, peranan yang lain yang harus dimatangkan adalah proses perekrutan tersebut. mulai dari persiapan resume anda, bagaimana anda mempromosikan diri anda sendiri, bagaimana menindaklanjuti hingga proses wawancara, dst. Inilah termasuk kuncinya.

Anda menemukan pintu masuk, namun tidak membawa materi yang tepat, tentu anda akan terdepak begitu saja. Atau pada saat wawancara yang tidak beres, tentu akan berpengaruh terhadap penentuan anda akan diterima atau tidaknya pada bidang kerja dan perusahaan yang anda minati.

Berikut ini beberapa aturan singkat yang perlu diperhatikan agar anda dapat berhasil menarik perhatian mereka dan membuat mereka bisa yakin untuk merekrut anda.


* Kenalilah hal yang terbaik yang anda miliki, serta skill yang anda punya.
* Kenalilah apa sebenarnya pekerjaan yang anda inginkan sehingga anda menyenangi pekerjaan tersebut.
* Berbicaralah dengan orang-orang yang menurut anda bisa membantu anda. Termasuk dengan orang-orang yang bekerja pada bidang yang anda minati, temukan bagaimana mereka menyukai pekerjaan mereka, dan bagaimana mereka menemukan pekerjaan untuk mereka. Belajarlah dari pengalaman mereka.
* Lakukanlah riset kecil, lalu, tentukan diarea mana pada suatu perusahaan bidang pekerjaan yang anda minati tersebut berada, sehingga anda dapat menemukan apa saja permasalahan dan tantangan yang ada.
* Identifikasi dan temukan siapa orang kunci yang sebenarnya memiliki kekuatan untuk merekrut anda, gunakan kontak person yang anda miliki selama ini, siapa pun yang anda kenal tentunya, terutama untuk menemukan orang kunci tersebut.
* Tunjukan kepada orang kunci tersebut kekuatan yang anda miliki, terutama dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang bisa anda bantu dan selelsaikan, bahwa anda adalah orang yang pantas untuk itu.
* Jangan merasa gagal secara pribadi ketika anda tidak berhasil. Perlu diingat bahwa ada dua tipe pekerja yang ada pada suatu perusahaan, yaitu mereka yang tidak memiliki kemampuan terutama dengan skill yang anda miliki (misalnya karena umur, latar belakang, tidak memiliki pengalaman, dll.) dan orang yang tidak bisa mengerjakan pekerjaan dari permasalahan yang mereka hadapi, sementara anda bisa menyelesaikannya.
Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Stardik

Untuk berlangganan info terbaru gratis silahkan masukkan alamat email anda pada kotak yang tersedia

Setelah memasukkan alamat email Silahkan cek email anda dan klik tautan link konfirmasi untuk mengkonfimasi status email pendaftaran anda.Perlu diketahui bahwa mesin pengirim info ke email anda tidak akan berfungsi jika anda belum mengkonfirmasi alamat email anda.maka dari itu lakukan konfirmasi setelah anda melakukan pendaftaran email untuk berlangganan info terbaru.

Bookmark and Share * Apa guna tombol ini ? Tombol ini digunakan untuk memudahkan pembaca dalam menyebar luaskan informasi yang telah anda baca kepada teman,famili ataupun kerabat anda lainnya di Facebook, Twitter, digg, Technorati, dan lain sebagainya.Untuk menggunakannya anda cukup mengklik tombol share kemudian klik Facebook, Twitter, digg, Technorati, atau lain sebagainya sesuka hati anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar